JAKARTA (IndoTelko) – PT Finnet Indonesia (Finnet) menggandeng PT Pembayaran Lintas Usaha Sukses (PLUS) untuk memperkuat solusi FinPay.

FinPay adalah andalan bagi anak usaha Telkom ini di solusi pembayaran melalui internet (Internet Payment Gateway/IPG) untuk pelanggan/merchant di segmen mikro UKM/personal, UKM, dan korporasi. Sementara PLUS dengan produk payment gateway Espay akan memberikan kemudahan bagi pengguna FinPay milik Finnet Indonesia dalam melakukan pembayaran eCommerce melalui metode pembayaran debit online berbagai bank nasional seperti Bank Mandiri, BCA, BRI, Permata, CIMB Niaga, RHB Malaysia, Maybank Indonesia, Nobu Bank, serta puluhan bank daerah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Dalam portal FinPay (www.finpay.co.id) tersedia dua layanan yaitu FinPay Link dan FinPay Invoice. Finpay Link adalah layanan berupa link yang dapat dimanfaatkan oleh UKM dalam penjualan online tanpa harus memiliki toko online. Penjual hanya perlu share link produk pada jejaring sosial lalu pembeli dapat melakukan pembayaran dengan kartu kredit, debit online dan kode bayar yang dapat dibayarkan di Indomaret, Alfamart, Pegadaian, Kantor POS serta 80 bank yang sudah bekerjasama. (Baca juga: ESPAY dari PLUS)

Dengan FinPay Link pembeli dan penjual tidak harus melakukan konfirmasi/pengecekan rekening karena Finpay Link akan memberikan notifikasi dan laporan secara online. FinPay Invoice merupakan layanan pengiriman invoice melalui email kepada pembeli yang telah melakukan pemesanan dan dapat terintegrasi dengan berbagai macam metode pembayaran. Dengan layanan ini anda dapat mengurangi biaya operasional, pengiriman invoice realtime, mempercepat proses collection.

“Saat ini Finnet melalui produknya FinPay memang sedang kita gadang-gadangkan menjadi produk masa depan, dengan pengembangan channel pembayaran kami mampu memberikan kemudahan bagi pelanggan online,” kata Direktur Utama Finnet Indonesia Niam Dzikri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/5).

Diharapkannya, kerjasama ini akan fokus membesarkan brand FinPay yang menjadi arah perusahaan di 2016 untuk fokus ke bisnis Payment Gateway dan eCommerce. “Selain itu kami berharap FinPay mampu mendukung tujuan Telkom Group dalam melakukan penetrasi pada pasar UKM dan mendukung Finnet menjadi pemain terkemuka pada industri Internet Payment Gateway di Indonesia,” katanya. (Baca juga: Solusi FinPay bagi UKM)

Sekadar informasi, PT PLUS merupakan anak perusahaan dari PT Square Gate One (SGO). PT Square Gate One (SGO) adalah perusahaan yang bergerak di bidang Internet Banking Provider, Financial Supply Chain Management dan Corporate Cash Management dengan pengalaman dan reputasi lebih dari 10 tahun.

Melalui PT PLUS, SGO mengembangkan sistem payment gateway B2C2B atau Multi Party Settlement bernama Espay. Layanan Multi Party Settlement via B2B Payment Instructionmemungkinkan Seller atau UKM menerima dana lebih cepat. Hal ini sangat bermanfaat bagi UKM karena dapat meningkatkan cashflow yang bermanfaat bagi working capital “Dengan saling melengkapi channel pembayaran maka customer akan diuntungkan begitu pula dengan para pemilik bisnis yang menggunakan payment gateway kami. PT PLUS akan mengkolaborasikan sistem ESPAY dan seluruh infrastruktur pendukungnya serta technical support terkait untuk operasional ESPAY yang terkoneksi ke bank rekanan,” ujar CEO sekaligus founder SGO Edy SP.

Sekadar informasi, potensi bisnis eCommerce di Indonesia dalam prediksi Bank Mandiri mencapai Rp 30 triliun di 2016. Tentunya transaksi online ini akan membutuhkan pembayaran elektronis yang andal seperti FinPay.(id)

 

Click with our expert